LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU.
MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISHLAH
SUMBERANYAR
a.
Profil Sekolah.
1.
Sejak berdiri sampai sekarang MI. Ma’arif NU. Al-Ishlah Sumberanyar mengalami beberapa kali pergantian kepemimpinan.
Namun pergantian tersebut merupakan mata rantai sejarah yang tidak dapat
dipisahkan satu dengan lainnya. Karena mempunyai Visi dan Misi
yang sejalan untuk mengembangkan dan membawa MI. Ma’arif NU. Al-Ishlah
Sumberanyar menjadi yang terbaik didunia pendidikan, khususnya di Kabupaten
Lumajang Namun keberhasilan ini juga karena dukungan dari semua pihak (warga
sekolah ) yang saling membantu dan berbuat yang terbaik.
2. Visi, Misi dan Tujuan MI. Ma’arif
NU. Al-Ishlah Sumberanyar.
2.1
Visi Pengertian Visi adalah wawasan yang
menjadi sumber arahan sekolah dan digunakan untuk memandu, merumuskan misi,
dengan kata lain visi adalah gambaran masa depan yang diinginkan oleh sekolah,
agar sekolah dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan.
MI. Ma’arif NU. Al-Ishlah Sumberanyar
adalah salah satu lembaga yang terdapat di lingkungan Ma’arif NU. Kabupaten Lumajang. Sehingga dalam perumusan Visi dan Misi tidak
bertentangan dengan rumusan visi dan misi dari Ma’arif NU. Kabupaten Lumajang.
Rumusan Visi kami adalah sebagai berikut : UNGGUL
DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ DAN IPTEK.
Misi pada umumnya dirumuskan dalam
kalimat filosofis sehingga setiap orang memiliki penafsiran yang berbeda-beda.
Dan dapat menimbulkan perselisihan dalam implementasinya. Agar tidak terjadi
salah penafsiran indicator dalam visi yang kami buat adalah sebagai berikut :
a.
Berkualitas dalam perolehan nilai hasil
belajar dan kualitas proses belajar mengajar.
b.
Cerdas dan terampil dalam menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi.
c.
Penuh kreasi dalam bidang seni dan
budaya.
d.
Iman dan taqwa sebagai kendali setiap tindakan
yang kita lakukan.
2.2 Misi
Misi adalah tindakan yang dilakukan untuk mewujudkan atau
merealisasikan visi tersebut, karena visi harus mengakomodasi semua
kelompokyang terkait dengan sekolah. Dengan kata lain Misi adalah suatu
strategi atau cara untuk mencapai visi yang sudah ditetapkan secara tepat dan
benar. Tanpa adanya strategi yang benar tidak mungkin semua visi akan tercapai.
Kami akan merumuskan suatu misi sekolah
sebagai beriklut :
a.
Membentuk manusia yang cerdas dan
terampil.
b.
Membentuk Manusia Yang Beriman, Bertaqwa, Berakhlakul
Karimah, dan Berkepribadian Luhur
c.
Menyelenggarakan Pendidikan
Yang Berorientasi Mutu. Baik secara keilmuan maupun secara Moral dan Sosial,
sehingga mampu menyiapkan dan mengembangkan sumber daya insan yang mmempunyai
kualitas dibidang Imtaq dan Iptek.
d.
Melaksanakan bimbingan secara
efektif, membantu serta mendorong siswa untuk mengenali potensi diri, sehingga
setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimiliki.
e.
Menumbuhkan semangat
keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
f.
Menumbuhkan penghargaan
terhadap ajaran agama Islam yang berwawasan Ahlussunnah Wal Jama’ah
g.
Menyesuaikan diri terhadap perubahan
mendasar tentang pelaksanaan konsep managemen peningkatan mutu berbasis sekolah
(MPMBS) serta kurikulum
2.3 Tujuan Sekolah.
Pengetian tujuan sekolah adalah tahapan atau langkah yunrtuk
mewujudkan visi dalam jangka waktu tertentu, dengan kata lain tujuan merupan “
APA” yang akan dicapai/dihasilkan oleh sekolah bersangkutan dan “KAPAN” tujuan
itu akan tercapai.
Tujuan dikaitkan dengan jangka waktu 3-5 tahun, jika visi
merupan gambaran sekolah secara utuh atau ideal maka tujuan yang uingin dicapai
dalam jangka waktu 3 tahun mungkin belum seideal visi atau belum selengkap visi
dengan kata lain tujuan itu dapat terwujud dari sebagai yang kita buat.
0 komentar:
Posting Komentar