1

MI. MA'ARIF NU. AL-ISHLAH SUMBERANYAR-ROWOKANGKUNG-LUMAJANG

Jumat, 17 Januari 2014

Visi, Misi dan Tujuan MI. Ma’arif NU. Al-Ishlah



LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU.
MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISHLAH SUMBERANYAR

a.         Profil Sekolah.
1.      Sejak berdiri sampai sekarang MI. Ma’arif NU. Al-Ishlah Sumberanyar mengalami beberapa kali pergantian kepemimpinan. Namun pergantian tersebut merupakan mata rantai sejarah yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Karena mempunyai Visi dan Misi yang sejalan untuk mengembangkan dan membawa MI. Ma’arif NU. Al-Ishlah Sumberanyar menjadi yang terbaik didunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Lumajang Namun keberhasilan ini juga karena dukungan dari semua pihak (warga sekolah ) yang saling membantu dan berbuat yang terbaik.
2.      Visi, Misi dan Tujuan MI. Ma’arif NU. Al-Ishlah Sumberanyar.
2.1     Visi Pengertian Visi adalah wawasan yang menjadi sumber arahan sekolah dan digunakan untuk memandu, merumuskan misi, dengan kata lain visi adalah gambaran masa depan yang diinginkan oleh sekolah, agar sekolah dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan.
MI. Ma’arif NU. Al-Ishlah Sumberanyar adalah salah satu lembaga yang terdapat di lingkungan Ma’arif NU. Kabupaten Lumajang. Sehingga dalam perumusan Visi dan Misi tidak bertentangan dengan rumusan visi dan misi dari Ma’arif NU. Kabupaten Lumajang. Rumusan Visi kami adalah sebagai berikut : UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ DAN IPTEK.
Misi pada umumnya dirumuskan dalam kalimat filosofis sehingga setiap orang memiliki penafsiran yang berbeda-beda. Dan dapat menimbulkan perselisihan dalam implementasinya. Agar tidak terjadi salah penafsiran indicator dalam visi yang kami buat adalah sebagai berikut :
a.    Berkualitas dalam perolehan nilai hasil belajar dan kualitas proses belajar mengajar.
b.      Cerdas dan terampil dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
c.       Penuh kreasi dalam bidang seni dan budaya.
d.      Iman dan taqwa sebagai kendali setiap tindakan yang kita lakukan.
2.2     Misi
Misi adalah tindakan yang dilakukan untuk mewujudkan atau merealisasikan visi tersebut, karena visi harus mengakomodasi semua kelompokyang terkait dengan sekolah. Dengan kata lain Misi adalah suatu strategi atau cara untuk mencapai visi yang sudah ditetapkan secara tepat dan benar. Tanpa adanya strategi yang benar tidak mungkin semua visi akan tercapai.
Kami akan merumuskan suatu misi sekolah sebagai beriklut :
a.         Membentuk manusia yang cerdas dan terampil.
b.         Membentuk Manusia Yang Beriman, Bertaqwa, Berakhlakul Karimah, dan Berkepribadian Luhur
c.          Menyelenggarakan Pendidikan Yang Berorientasi Mutu. Baik secara keilmuan maupun secara Moral dan Sosial, sehingga mampu menyiapkan dan mengembangkan sumber daya insan yang mmempunyai kualitas dibidang Imtaq dan Iptek.
d.         Melaksanakan bimbingan secara efektif, membantu serta mendorong siswa untuk mengenali potensi diri, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimiliki.
e.          Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
f.          Menumbuhkan penghargaan terhadap ajaran agama Islam yang berwawasan Ahlussunnah Wal Jama’ah
g.         Menyesuaikan diri terhadap perubahan mendasar tentang pelaksanaan konsep managemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS) serta kurikulum
2.3     Tujuan Sekolah.
Pengetian tujuan sekolah adalah tahapan atau langkah yunrtuk mewujudkan visi dalam jangka waktu tertentu, dengan kata lain tujuan merupan “ APA” yang akan dicapai/dihasilkan oleh sekolah bersangkutan dan “KAPAN” tujuan itu akan tercapai.
Tujuan dikaitkan dengan jangka waktu 3-5 tahun, jika visi merupan gambaran sekolah secara utuh atau ideal maka tujuan yang uingin dicapai dalam jangka waktu 3 tahun mungkin belum seideal visi atau belum selengkap visi dengan kata lain tujuan itu dapat terwujud dari sebagai yang kita buat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons